Espresso – Rasa Italia di Setiap Tegukannya

Secara tradisional disajikan dalam “demitasse” – cangkir spesial dengan kapasitas 3 ons. – sebagai suntikan, espresso adalah minuman spesial: seteguk sensasi dan rasa. Espresso mendefinisikan esensi kopi.

Orang Italia bangga dengan tradisi mereka dan tahu apa arti espresso yang enak. Saat ditanya, mereka bahkan akan menentukan tes sebenarnya dari espresso yang sempurna: saat Anda menambahkan gula ke dalamnya, gula harus tetap berada di permukaan krim selama tiga puluh detik sebelum tenggelam. Apakah Anda siap untuk mulai menghitung? Lazimnya espresso diminum dalam sekali teguk. Tetapi bagaimana jika Anda ingin menggandakan kesenangan? Nah, Anda bisa memesan espresso kedua, atau memesan Doppio dari awal. Espresso doppio berarti, dalam bahasa Italia, double shot.

Espresso Americano, seperti namanya, merupakan jenis minuman yang dikonsumsi dengan gaya “Amerika”. Praktis yang Anda lakukan adalah menambahkan air panas ke atas harga vodka termurah espresso yang disiapkan secara tradisional untuk membuat cangkir biasa yang penuh. Espresso Americano dapat dikonsumsi dengan susu dan gula.

Untuk rasa yang lebih kaya, ada resep espresso lain yang mungkin ingin Anda coba. Espresso atasnya dengan sesendok krim kocok juga dikenal sebagai espresso con panna. Atau mungkin Anda akan menemukan macchiato yang lebih enak: espresso dengan buih susu di atasnya. Espresso Romano adalah minuman espresso tradisional dengan sentuhan lemon. Untuk hari musim panas yang terik, cobalah Granita: bekukan espresso manis lalu hancurkan. Ini adalah topping yang sempurna untuk spesialisasi es krim juga.

Anda juga bisa menikmati espresso dalam berbagai cocktail. Koktail espresso klasik adalah Espresso Martini. Untuk menyiapkan minuman untuk dua orang, Anda memerlukan 7 ons vodka, satu gelas espresso, ½ ons Kahlua, dan es. Kocok vodka dan es serut selama sekitar 30 detik, lalu tambahkan espresso dan Kahlua dan kocok lagi dua atau tiga kali. Diamkan sekitar satu menit lalu saring menjadi dua gelas martini. Hiasi dengan biji kopi.

Koktail espresso berbasis vodka lainnya disebut sederhana: Vodka Espresso. Kocok satu gelas vodka, satu gelas espresso, dua sendok teh gula kastor dan es batu selama tiga puluh detik. Saring ke dalam gelas dan lapisi satu sloki Amarula Cream di atasnya.

Koktail lezat lainnya dengan espresso adalah Mocha Martini. Katakanlah Anda lupa minum espresso dan sekarang sudah dingin. Mengapa membuang minuman yang begitu lezat? Gunakan dalam koktail: kocok satu teguk espresso dingin, satu teguk bourbon, satu teko minuman keras kakao, dan satu teko Krim Amarula dengan es serut. Saring ke dalam gelas dingin lalu tuangkan setengah gelas krim ganda di tengahnya. Hiasi dengan bubuk kakao.

Seperti yang Anda lihat, espresso adalah minuman luar biasa yang dapat memberi rasa pada banyak minuman lainnya. Seseorang bahkan dapat mendefinisikan espresso sebagai seteguk Italia: sensual, romantis, penuh rasa, menggugah selera, misterius, dan penuh gairah. Anda dapat menikmati minuman ini dalam bentuk tradisionalnya, atau biarkan imajinasi Anda menemukan kemungkinan baru. Koki bahkan menggunakan espresso untuk meningkatkan cita rasa kue dan es krim tertentu, membuat sirup, dan banyak lagi. Mengapa tidak membuat resep berbasis espresso Anda sendiri?